Tim PKM UNM-UMPAR Gelar Kegiatan Pemberdayaan Kelompok Tani di Pinrang

Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari Dosen FMIPA UNM dan Fakultas Pertanian UMPAR serta Mahasiswa S1 Matematika dan S1 Kimia bekerja sama dengan Mitra (Kelompok Tani Mattongeng-Tongeng) di Desa mallongi-longi Kabupaten Pinrang menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kegiatan yang digelar meliputi pelatihan dan pendampingan cara mengolah jagung dan pisang menggunakan teknologi sederhana kepada kelompok mitra.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi yang dilakukan Mei 2023 dan pelaksanaan kegiatan telah berlangsung 24 Juli dan 12 Agustus 2023. Ketua Tim PKM yang juga guru besar Matematika UNM, Prof Syafruddin Side berkata bahwa berdasarkan hasil observasi pada mitra yaitu Kelompok Tani Mattongeng-Tongeng diketahui bahwa permasalahan utama yang dihadapi oleh anggota kelompok mitra di desa mallongi-longi Pinrang adalah kurangnya peralatan dan teknologi. Ini menyangkut dalam membuat berbagai odiversifikasi produksi holtikultura yang bernilai tinggi dan mampu bersaing dengan produk yang telah ada di daerah lain.

Selanjutnya Tim PKM yang diketuai Prof Syafruddin tersebut bersama Dr Hasri (ketua prodi Kimia) serta Sri Nur Qadri, S.P, M.Si, bersama 7 orang mahasiswa melakukan inovasi dengan melakukan Pelatihan dan Pendampingan cara mengolah jagung dan pisang menggunakan teknologi sederhana serta pemasaran berbasis teknologi dilakukan.

“Niat kami dalam kegiatan ini adalah mengembangkan perekonomian desa dengan menghasilkan produk baru berupa tepung jagung dan pisang sebagai bahan dasar olahan makanan yang menghasilkan makanan sehat bergizi, “kata Prof Syaf.

Menurutnya dari bahan baku jagung dan pisang ini bisa meningkatkan perekonomian para petani, khususnya mitra dan petani jagung dan pisang di Desa Mallongi-longi Pinrang.