PKM Pelatihan Buat Konstruksi Penjernih Air di Desa Mannagae

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Univesitas Negeri Makassar melakukan pelatihan keterampilan membuat Konstruksi Penjernih Air di Desa Mannagae  Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo.

Pelatihan tersebut dilakukan melalui kegiatan Penelitian dan Pengabadian kepada Masyarakat Univesitas Negeri Makassar (LP2M UNM) tahun 2023.

Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf mengatakan, materi pelatihan meliputi Desain Konstruksi Penjerniah Air dan sekaligus melatih keterampilan mitra melakukan pembuatan Konstruksi Penjernih Air.

“Kegiatan yang dilakukan ini oleh Dosen Pengabdi kepada masyarakat dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan melalui LP2M UNM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat,” katanya.

Menurut dia, pelatihan ini sangat direspon oleh masyarakat mitra kegiatan di Desa Mannagae Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo.

“Hal ini mengingat bahwa pada musin hujan masyarakat di Desa ini mengambil air dari sungai yang airnya keruh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.

Dikatakan, adanya konstruksi penjernih air ini sangat membantu masyarakat untuk menjernihkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (Mit)