Pelatihan Zero Waste sebagai Langkah Meminimalkan Limbah Fashion

Pelatihan Zero Waste oleh Tim PKM LP2M UNM di Desa Bonde Utara (Foto: Ist)

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Dosen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PPK) Fakultas Teknik (FT)  Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan pelatihan untuk meminimalisir limbah fashion dengan Teknik Zero Waste. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan memberi pengetahuan kepada remaja putri mengenai cara meminimalkan limbah yang diakibatkan oleh produk fashion.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua LP2M, Bakhrani A. Rauf, dan sekaligus memandatangani Memorandum Of Agreement (MoA) sebagai bentuk Kerjasama antara LP2M UNM dengan pemerintah setempat.

Pelatihan Zero Waste diketuai oleh St. Aisyah, Kurniati dan Asiani Abu sebagai anggota, serta beberapa mahasiswa PKK FT UNM.

Konsep pelatihan ini merupakan pendekatan dan penerapan  untuk mengurangi limbah tekstil yang dihasilkan dari proses produksi pembuatan busana mulai dari awal hingga akhir. Pelatihan ini diikuti oleh 10 orang remaja putri daerah setempat. Kegiatan ini juga salah satu bentuk untuk meningkatkan pemberdayaan remaja putri dengan memberi life skill yang dapat digunakan untuk mendukung perekonomian keluarga, khususnya maupun Masyarakat umum.

Kegiatan ini didukung penuh oleh pemerintah setempat dengan memobilisasi peserta untuk mengikuti kegiatan dan menyediakan lokasi tempat pelaksanaan kegiatan.

Pelatihan Zero Waste menggunakan metode pembelajaran langsung dan metode demonstrasi mulai dari konsep dasar pentingnya penerapan zero waste pada produk busana, teknik membuat pola busana, menggunting bahan tekstil, menjahit sampai pada penyelesaian busana dengan menerapkan zero waste atau tanpa limbah.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Desa Bonde Utara Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, pada tanggal 4 Juni 2023. (*)