Dosen JBSI UNM Mendapat Pujian Dari Dinas Pendidikan Pinrang

Dalam rangka merealisasi program pengabdian kepada masyarakat, Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI) Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Pinrang yang bekerja sama dengan PGRI Pinrang, Sabtu (8/8/20).

Hanya saja, pengabdian kali ini berbeda. Para dosen tidak lagi langsung turun ke lokasi tapi melalui virtual dengan menggunakan aplikasi pembelajaran berupa zoom.

Para dosen tetap berada di kampus sambil melaksanakan pengabdian. Sementara peserta tetap di sekolahnya masing-masing. Tak kurang dari 143 peserta yang terdiri dari guru dan siswa se-Kabupaten Pinrang tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Sebanyak 13 jenis pelatihan yang diisi oleh 36 dosen JBSI terkait dengan penerapan penggunaan bahasa, sastra, dan budaya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pinrang, Muzakkir mengaku begitu bangga atas keterpilihan Kabupaten Pinrang menjadi mitra kerjasama. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan semangat belajar bagi siswa dan guru.

“Saya berterima kasih, karena rekan-rekan dosen JBSI menjadikan Pinrang sebagai tujuan untuk merealisasikan pengabdiannya,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Ketua IGI Pinrang saat sambutan.

Ketua Jurusan BSI, Dr Mayong menuturkan bahwa langkah ini diambil setelah mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang terjadi karena pelaksanaannya di tengah wabah virus corona.

“Setelah kami rapat, maka kami putuskan untuk melaksanakannya secara virtual tentu dengan harapan tidak mengurangi esensi pengabdian kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Lembapa Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM Prof Bahkrani Rauf menuturkan bahwa pandemi tidak boleh menjadi penghalang bagi kita untuk tetap melaksanakan tridarma perguruan tinggi.

“UNM itu adalah pencetak tenaga pendidikan terbaik di Indonesia Timur, tentu punya cara beradaptasidalam berbagai kondisi. Pengabdian ini berbentuk PKM salah satu skim yang bisa digunakan dosen,” terang Dosen Teknik Sipil ini.

Dekan FBS, Prof Syukur Saud yang membuka langsung kegiatan tersebut sangat berbangga atas terlaksananya pengabdian ini.

“Selaku pimpinan, tentu saya mengapresiasi kegiatan yang sangat penting untuk masyarakat sekolah. Instusi pendidikan tidak boleh melemah dalam situasi apapun, karena ini adalah ujung tombak untuk membangun kepribadian bangsa,” ucap Dosen Bahasa Jerman Ini.

Kegiatan terselenggara atas dukungan dari berbagai pihak, di antaranya Dinas Pendidikan Kabupaten Pinrang, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 10, serta mitra guru dan siswa di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang.