Dosen PLS FIP UNM Latih Tutor Membuat Bahan Ajar Interaktif

Dosen Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (PLS FIP UNM). Muhammad Asri,S.Pd., M.Pd bersama Dr. Rudi Amir, S.Pd.,M.Pd melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Selasa (24/10/2023) lalu.

Kegiatan ini diikuti 30 peserta dari pendidik Satuan Pendidikan Nonformal. Dalam materi yang dipaparkan, Muhammad Asri, S,Pd., M.Pd mengatakan bahwa bahan ajar yang menarik dan menyenangkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

“Bahan ajar yang diberikan saat ini kepada peserta didik pada pendidikan nonformal tidak interaktif karena menggunakan komunikasi hanya satu arah,” jelas Muhmmad Asri.

Dosen PLS lainnya, Dr. Rudi Amir, S.Pd., M.Pd yang juga sebagai pemateri juga mengatakan jika bahwa bahan ajar yang diberikan kepada peserta didik di satuan pendidikan nonformal kurang interaktif.

“Kami bermaksud ingin meningkatkan kemampuan pendidik dalam membuat bahan ajar pada pendidikan nonformal melalui kegiatan pengabdin ini,” jelas Rudi.

Pada PKM ini peserta dilatih membuat bahan ajar yang interaktif berbasis teknologi melalui aplikasi Canva. Peserta didampingi langkah demi langkah secara langsung untuk memanfaatkan fitur-fitur dalam aplikasi Canva yang mendukung pembuatan bahan ajar interaktif.

Peserta dilatih mulai login pada aplikasi Canva. Kemudian memilih fitur yang digunakan membuat bahan ajar, memilih elemen dan video sampai dengan cara membagi bahan ajar ke media sosial peserta didik.

Salah satu ketua PKBM di Kabupaten Majene yang menjadi mitra dalam kegiatan ini, mengatakan sangat senang bermitra dengan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan UNM karena sangat bermanfaat menambah pengetahuan dan keterampilan bagi tutor tentang pentingnya pengembangan bahan ajar yang interaktif berbasis teknologi.

“Kami juga sering mendorong pendidik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan seminar mengenai pembuatan bahan ajar namun pendidik kami tidak cukup waktu untuk mengikuti sehingga dengan kegiatan ini sangat membantu kami,” ujarnya.