LPM UNM Buat Konstruksi Penjernih Air di Desa Anabanna Sidrap

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Univesitas Negeri Makassar melakukan pelatihan membuat Konstruksi Penjernih Air yang konstruktif di Desa Anabanna, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidenreng Rappang. 

Pelatihan tersebut dilakukan melalui kegiatan Penelitian dan Pengabadian kepada Masyarakat Univesitas Negeri Makassar (LP2M UNM) tahun 2023.

Ketua LP2M UNM, Prof. H. Bakhrani A. Rauf mengatakan, materi pelatihan meliputi desain Penjerniah Air yang konstruktif dan sekaligus melatih mitra melakukan pembuatan Penjernih Air.

Kata dia, bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Dosen Pengabdi kepada masyarakat dari Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan melalui LP2M UNM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Pelatihan ini sangat direspon oleh masyarakat mitra kegiatan di Desa Anabanna Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidrap. Hal ini mengingat bahwa pada musin hujan masyarakat di Desa ini mengambil air dari saluran irigasi yang airnya keruh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.

“Adanya konstruksi penjernih air ini sangat membantu masyarakat untuk menjernihkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tambah Hj. Asmah Adam selaku Ketua Panitia. (Mit)