Meningkatkan Keterampilan Pemuda Kelurahan Maccini, Dosen Fakultas Teknik Beri Pelatihan ARDUINO UNO

Peningkatan kecepatan aksesibilitas informasi yang ditandai oleh lahirnya teknologi digital telah mengubah cara kita menjalani kehidupan kita sehari-hari. Keterampilan pada bidang teknologi ini dapat membantu kita mengatasi berbagai tantangan di era digital. Dari sekian banyaknya keterampilan dalam bidang teknologi dan informasi saat ini, kemampuan dan penguasaan dalam bidang Internet of Things (IoT) menjadi salah satu bidang yang cukup penting. Salah satu aspek kunci untuk dapat memahami teknologi Internet of things adalah dengan menguasai komponen mikrokontroller. Komponen tersebut adalah bagian utama dalam teknologi  IoT. Mikrokontroler adalah komputer kecil yang ditanamkan dalam perangkat IoT yang bertanggung jawab untuk mengontrol operasi perangkat tersebut.

Untuk itu, tim pengabdi dari Univerisitas Negeri Makassar yang terdiri dari 3 dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT-UNM), yaitu Ridwansyah,S.T.,M.T. , Dary Mochamad Rifqie,S.T.,M.T. dan Nuridayanti, S.Pd.,M.Pd., berinisiatif untuk melakukan kegiatan nyata berupa pelaksanaan kegiatan pelatihan mikrokontroller bebasis Arduino Uno bagi pemuda di Kota Makassar. Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan kepada Masyarakat dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM dan FT-UNM.

Di Kota Makassar, lokasi RT 02 Kelurahan Maccini Parang dipilih menjadi tempat pelaksanaan kegiatan PKM ini dan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2023. Peserta pendidikan adalah pemuda yang berumur 15 sampai dengan 24 tahun yang berada di lokasi tersebut. Pada kesempatan tersebut pemateri memberi materi terkait dasar-dasar pengoperasian mikrokontroller disertai praktik penggunaannya.

Ketua RT 02 di Kelurahan Maccini Parang, Asrul Umar, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh tim pengabdi untuk berbagi ilmu seputar mikrokontroller kepada para pemuda. Menurut peserta kegiatan, materi yang disampaikan sangat mudah dimengerti dan dapat menjadi dasar bagi para pemuda untuk mendalaminya lebih lanjut. Disamping itu, materi ini juga membuka wawasan peserta terkait teknologi IoT, dan juga perkembangan teknologi yang ada saat ini.