PKM UNM Latih Penerapan Teknologi Bagi Peternak Ayam Broiler di Parepare

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) memberi pelatihan kepada para peternak ayam broiler di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare. Pelatihan menggunakan dana hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) tahun anggaran 2023 berjudul “PKM Kelompok Usaha Ayam Broiler di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare.

Tim yang diketuai oleh Retyana Wahrini, S.Pd., M.Pd. dengan anggota Reski Febyanti Rauf, S.Tp., M.Si dan Ninik Rahayu Ashadi, S.Pd., M.Pd. melatih langsung mitra yang merupakan UMKM Peternakan Ayam di Kelurahan Lompoe yaitu “Peternakan Ayam Patma”. Mitra dilatih dalam merawat, memperbaiki komponen alat jika terjadi kerusakan serta melatih dalam menggunakan alat bantu Manual Material Handling (MMH) berupa sebuah tempat pakan ayam menggunakan rell yang berfungsi meringankan pekerjaan dalam pemberian pakan dan mempermudah pengangkutan ayam broiler saat panen.

Pelatihan juga diisi pemberian pemahaman kepada mitra dalam mengoperasikan website serta penggunaan media sosial sebagai upaya peningkatan omset penjualan. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa yaitu Fahira Aiko Khairani dan Ibnu Qayyum Abdullah.

Tujuannya memberi wawasan kepada peternak ayam broiler sehingga permasalahan yang terjadi dari segi produksi dan pemasaran dapat diselesaikan dengan inovasi yang dibuat oleh pengabdi berupa alat Manual Material Handling (MMH).

“Ini untuk meringankan pekerjaan dalam memberikan pakan dan mempermudah pengangkutan ayam broiler saat panen dan website untuk memperluas pasar penjualan ayam broiler yang akan meningkatkan omset penjualan,” kata Retyana.