Tingkat Perekonomia Ibu-Ibu di Sulbar, Dosen PKK FT UNM Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan oleh dosen pengabdi dari Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) di Kecamatan Pamboang Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (4/6/2023).

Para dosen UNM tersebut melatih ibu-ibu rumah tangga dan remaja puteri membuat pudding art untuk meningkatkan perekonomian keluarganya. Kegiatan ini dipusatkan di Kelurahan Lalampanua Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat.

Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT, IPU, Asean Eng dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari LP2M UNM dengan harapan terbesarnya dapat menciptakan ibu-ibu rumah tangga yang mandiri, kreatif dan inovatif serta berjiwa wirausaha.

“Semoga dengan kegiatan ini, bisa membantu masyarakat meningkatkan ekonomi mereka, dan waktunya mereka lebih bermanfaat lagi, Ungkapnya.

Tim pelaksana kegiatan ini adalah Dr. Andi Hudiah, M.Pd (Ketua), dan Rissa Megavitry, S.Pd.,M.Si (Anggota), dengan judul PKM Pelatihan Pembuatan Puding art.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi ibu-ibu rumah tangga dan remaja puteri untuk meningkatkan ekonomi keluarganya, dan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pamboang, Majene Sulawesi Barat dengan jumlah peserta 15 orang ibu rumah tangga,” ujar Dr. Andi Hudiah, M.Pd.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Dies Natalis Universitas Negeri Makassar yang ke 62 dan Pengabdian Masyarakat Terpadu (PKM) yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) UNM angkatan 1.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah kepala pusat dan staf dalam lingkup LP2M UNM, pemerintah Kecamatan Pamboang, Kepala Kelurahan Lalampanua, guru di beberapa sekolah di Pamboang, dan ibu-ibu rumah tangga yang menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Salah seorang peserta pelatihan ini mengatakan sangat senang dan mendukung kegiatan ini karena dapat menambah pengetahuan dan keterampilannya serta mengucapkan terima kasih kepada narasumber karena kegiatan ini sangat bermanfaat.

“Saya sangat senang dengan adanya pelatihan seperti in, karena dengan pelatihan bisa menambah pengetahuan dan keterampilan saya dan juga keterampilan ibu-ibu lainnya,”katanya.