Dosen FBS UNM Melaksanakan Pengabdian di SD Ujung Pandang

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban bagi dosen. Dosen dapat melaksanakan kegiatan yang menunjang kebutuhan masyarakat sesuai dengan bidang studi. Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin selalu berupaya merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat terutama yang sesuai dengan bidang bahasa, sastra Mandarin, ataupun budaya Tiongkok.

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul “Pembuatan Media Gambar Ilustrasi Berbasis Strategi Mnemonik dan Pendampingan Guru Bahasa Mandarin dalam Pembelajaran Hanzi SIswa SD Ujung Pandang”. Lokasi kegiatan ini yaitu di SD Ujung Pandang Kota Makassar. Kegiatan ini berdasarkan hasil obervasi kepada guru bahasa Mandarin di sekolah tersebut, yaitu kebutuhan yang tinggi akan media pembelajaran bahasa Mandarin terutama untuk anak-anak. Kendala yang dihadapi guru bahasa Mandarin yaitu masih membutuhkan berbagai media dan strategi agar siswa tertarik dan lebih mengingat Hanzi.

Penerapan Media Ilustrasi Hanzi Berbasis Strategi Mnemonik di kelas 2 SD Ujung Pandang

Durasi Kegiatan PKM ini selama 8 bulan (April-Oktober 2023) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap observasi, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap observasi untuk mengetahui kondisi pembelajaran bahasa Mandarin, tahap persiapan yaitu mempersiapkan segala kebutuhan seperti pembuatan media ilustrasi berbasis strategi mnemonik dan penyediaan perangkat pembelajaran. Tahap pelaksanaan yaitu guru dan pengabdi (dosen) berkolaborasi dalam kelas, tahap evaluasi yaitu dosen dan guru berdiskusi bersama terkait kelebihan dan kekurangan kegiatan di kelas. Selain itu,  media pembelajaran yang dibuat oleh tim pengabdi diserahkan kepada guru bahasa Mandarin agar dapat digunakan selanjutnya.

Hasil Latihan Hanzi Siswa Menggunakan Teknik Mnemonik

Luaran pada kegiatan PKM ini yaitu E-book untuk guru bahasa Mandarin, artikel ilmiah, dan video kegiatan pengabdian. Adapun dosen yang menjadi tim pengabdi, yaitu Arini Junaeny, S.S.,M.Litt, Dr. Misnawaty Usman, M.Si, Dr. Ambo Dalle, M.Pd, Asmuliyati Nahnu, S.S., M.CIE. Serta dua mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin sebagai mahasiswa yang terlibat dalam PKM ini, yaitu Asti Ramadhani Angkatan 2022, dan Haikal Angkatan 2021.  

Sangat diharapkan berikutnya akan banyak kegiatan PKM dalam bidang bahasa dan sastra Mandarin, dan kebudayaan Tiongkok.